FORCI Development merupakan kelompok kerja di lingkup fakultas kehutanan ipb yang mengemban fungsi outrech atas inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang di perguruan tinggi. FORCI Development menempatkan diri sebagai not for profit organization yang mendedikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menguatkan kapasitas kelembagaan pengelolaan sumberdaya hutan sebagai upaya menyasar pembangunan kehutanan yang berkeadilan.

 

FORCI Development didirikan oleh komunitas yang peduli terhadap pembangunan kehutanan, yang dimotori oleh tenaga-tenaga pengajar fakultas kehutanan ipb. Pendirian FORCI Development dilatari oleh keprihatinan terhadap persoalan-persoalan pembangunan kehutanan yang semakin karut-marut menjauhi sasaran dari amanah konsititusi negara.

 

Diharapkan dengan FORCI Development dapat dibangun jembatan penghubung antara ranah akademik perguruan tinggi dengan ranah pengelolaan sumberdaya hutan di tingkat praktek. Pengembangan inovasi pengetahuan dan teknologi harus mampu menjawab persoalan-persoalan nyata di tingkat praktek pengelolaan sumberdaya hutan, baik pada aras kebijakan, konsep dan strategi, serta implementasinya di tingkat tapak.