Slide_3

SUMBERDAYA ALAM DAN KONSTITUSI

Dr. Sudarsono Soedomo

Pengantar

Tiga ayat dalam pasal 33 Undang-undang Dasar 1945 menyebutkan:

1. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan.

2. Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.

3. Bumi dan Air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Beberapa pertanyaan:

1. Produksi hasil hutan: penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak? Dilakukan oleh negara.

2. Produksi beras: penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak? Dilakukan oleh swasta.

3. Bahan bakar minyak, listrik? Apa peran BUMN?

Penjelasan Pasal 33 (Sayangnya Telah Dihapus)

Produksi dikerjakan oleh semua untuk semua di bawah pimpinan atau penilikan anggota-anggota masyarakat. Kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan bukan kemakmuran orang-seorang. Sebab itu perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Bangun perusahaan yang sesuai dengan itu ialah koperasi.   Perekonomian berdasar atas demokrasi ekonomi, kemakmuran bagi semua orang! Sebab itu cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hidup   orang banyak harus dikuasai oleh negara. Kalau tidak, tampuk produksi jatuh ke tangan orang seorang yang berkuasa dan rakyat yang banyak ditindasinya. [Negara tidak mungkin menindas?]   Hanya perusahaan yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak boleh ada di tangan orang seorang.  

Interpretasi (Ekonomi)

Praktek menunjukkan adanya inkonsistensi (beras versus komoditas lainnya).   Sebesar-besar kemakmuran rakyat merupakan tujuan yang bersifat tetap, sedangkan penguasaan oleh negara bersifat instrumental yang dapat bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan keadaan yang dihadapi.   Apa pengertian orang seorang yang berkuasa? Dalam ilmu ekonomi, pihak yang berkuasa adalah pihak yang mempunyai market power, yakni monopolis, duopolis, oligopolis. Kondisi sebaliknya adalah ketika tidak ada satu pihakpun yang mempunyai market power, yakni kondisi bersaing sempurna.   Penguasaan oleh negara tidak harus diartikan BUMN. Produksi beras menunjukkan bahwa cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak ternyata dikuasai oleh swasta. Yang dilarang oleh konstitusi adalah hadirnya monopoli, duopoli, oligopoli.

Model Ekonomi dan Kualitas Aktor

Bangun perusahaan yang sesuai adalah koperasi. Dari namanya, kerjasama merupakan syarat terjadinya koperasi. Pernah ada ahli ekonomi yang menentang habis-habisan model ekonomi yang berangkat dari persaingan sempurna. Mengapa tidak kerjasama sempurna? Realitasnya?   Kerjasama dan bersaing selalu ada dalam diri manusia. Cenderung ke arah mana aktor ekonomi Indonesia? Kesemrawutan dalam banyak bidang kehidupan menandakan apa? Model ekonomi seperti apa yang sesuai dengan kualitas aktor tersebut? Mismatch awal kegagalan.   Problema timbul ketika berbagai asumsi yang diperlukan agar suatu model ekonomi dapat bekerja ternyata tidak terpenuhi seluruhnya. Hasilnya pasti menyimpang dari yang diharapkan. Willingness to accept imperfection?   Antisipasi apa yang diperlukan? Salah antisipasi = tidak menerapkan ilmu pengetahuan? Rimbawan itu makhluk ekonomi juga yang mempunyai strategic behavior.

Jalan Menyejahterakan Buruh

Upah Minimum

µ = max pq(K; L) – rK – w1L (1)

         fK;Lg

µ = max pq(K; L) – rK – w2L (2)

         fK;Lg

Jika w1 < w2, maka L(r;w1) > L(r;w2). Ada buruh yang meningkat kesejahteraannya, tetapi juga ada buruh yang dipecat! Competitivenessberkurang.   Berbagai Keuntungan dan Kerugian

µ = max (pq(K; L) – rK – wL) (3)

         fK;Lg

Solusi terhadap problem di atas sama dengan solusi problem berikut ini.

µ = max (pq(K; L) – rK – wL)(1 – θ) (4)

         fK;Lg

Kesejahteraan semua buruh meningkat, tidak ada yang dipecat, dan competitiveness tetap seperti semula.   Lebih lengkapnya dapat di download di sini

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *